today

kaka Dai dan dede Iyas

kaka Dai dan dede Iyas
Friday, January 22, 2016

Mencoba Akuaponik Pasang Surut dengan Pipa Paralon 4 in

aIMG_7052

Setelah berhasil membuat akuaponik pasang surut dengan growbed berukuran tinggi sekitar 30 cm, aku lalu iseng-iseng mencoba membuat akuaponik pasang surut dengan menggunakan pipa paralon berukuran 4 in yang mempunyai tinggi sekitar 10 cm.


aIMG_7060

Sebagian dari pipa paralon tersebut aku isi dengan kerikil dari ayakan pasir dan juga pecahan genting untuk tempat berkembang biak organisme pengurai kotoran ikan.


aIMG_7058

Bagian ujung dari pipa paralon 4 in tersebut aku pasangi sambungan T untuk tempat menaruh bel siphon yang terbuat dari botol plastik air mineral bekas yang disambung dengan knee draft pipa paralon berukuran 1 in.


aIMG_6231-horz

Untuk tempat tanaman, aku gunakan botol air mineral 1 liter yang dipotong 2 dan dilubangi bagian sampingnya. Sementara media tanamnya menggunakan kerikil dari sisa ayakan pasir. Tanaman pertama yang aku coba tanam adalah tanaman melon yang tunasnya aku temukan di pot yang ada disekitar sistem akuaponik pasang surut tersebut. Sebulan kemudian tanaman melon tersebut telah tumbuh cukup besar. Tetapi karena pada akhirnya tanaman tersebut dihinggapi hama yang cukup banyak, akhirnya tanaman melon tersebut pun aku buang.


aIMG_6338

Tanaman lain yang juga menjadi percobaan adalah tunas pepaya dan tapak dara yang kedua tunasnya aku dapati dari pot-pot tanaman lain yang ada disekitar sistem akuponik tersebut.


baIMG_7061-horz

2 bulan kemudian tanaman pepaya dan tapak dara tersebut telah tumbuh dengan suburnya. Untuk pepaya, karena tempat tanamnya tidak memungkinkan jika tanaman tersebut bertambah besar lagi, mungkin suatu saat tanaman pepaya tersebut juga akan aku buang ya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...