today

kaka Dai dan dede Iyas

kaka Dai dan dede Iyas
Monday, January 25, 2016

Kumbang kaki kodok atau kumbang kangguru (sagra sp) kawin

kumbang kaki kodok_sagra sp_kawin_01

Beberapa waktu lalu, saat sedang berkunjung ke rumah mertua di daerah Grogol, Sawo, Ponorogo, pada siang menjelang sore, disaat cuaca mendung, aku sempat memergoki sepasang kumbang kaki kodok atau kumbang kangguru (sagra sp.) yang sedang kawin di pepohonan yang ada di dekat rumah mertua.


kumbang kaki kodok_sagra sp_kawin_02

Kumbang yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  frog-legged beetles atau kangaroo beetles ini sudah beberapa kali aku lihat, baik saat aku sedang berada di sekitar rumah di daerah Jonggol (Bogor, Jawa Barat), maupun saat berada di sekitar rumah adikku di daerah Malang (Jawa Timur). Namun baru kali ini saja aku melihat saat kumbang tersebut sedang kawin ya.


kumbang kaki kodok_sagra sp_kawin_03

Mungkin karena terganggu dengan kehadiranku, akhirnya sepasang kumbang tersebut pun mengakhiri perkawinan mereka dan berusaha menjauh dari ku. Keesokan harinya aku menemukan kembali beberapa ekor kumbang kaki kodok ini di semak-semak yang sama seperti sehari sebelumnya.


referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Sagra_%28genus%29

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...